Monday, May 2, 2011

silabus Sistem Pendidikan Islam untuk PGSD

LESSON PLAN
SISTEM PENDIDIKAN ISLAM


A.    DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini membahas tentang dinamika pendidikan Islam sebagai bunga rampai untuk melaksanakan pendidikan Islam di Indonesia.

B.       KOMPETENSI
Mendeskripsikan problematika dan lembaga pendidikan Islam dan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional

C.  INDIKATOR
1.      Menjelaskan Problematika Pendidikan Islam
2.      Menjelaskan Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
3.      Menjelaskan Model Pendidikan Islam dan Orientasinya
4.      Menjelaskan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam  dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan IPTEK
5.      Menjelaskan Pendidik dan Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
6.      Menjelaskan Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
7.      Menjelaskan Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah
8.      Menjelaskan Sistem dan Metode Pendidikan Islam
9.      Menjelaskan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam
10.  Menjelaskan SKB 3 Menteri Tahun 1975
11.  Menjelaskan Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
12.  Menjelaskan Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam
13.  Menjelaskan Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
14.  Menjelaskan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam

D.    MATERI


PERTEMUAN KE-
TOPIK
KETERANGAN
1
Pengantar Mata Kuliah

2
Problematika Pendidikan Islam

3
Ilmu & tradisi keilmuan dalm masy. Muslim

4
Model Pendidikan Islam dan Orientasinya

5
Modernisasi Pendidikan Islam dan Epistemologi Ilmu

6
Pendidikan Islam dan Pengembangan SDM dalam Era Globalisasi

7
Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam

8
Pola kajian kependidikan islam d indonesia

9
Peran lembaga pendidikan Islam dalam memperkukuh Etika dan Moral Bangsa

10
Pendidikan keagamaan: Pemberdayaan dan Peranserta Masyarakat

11
Missi Profesi dan Pendidikan Islam: Ke arah peningkatan Kualitas SDM

12
Pola kajian Kependidikan Islam di Indonesia

13
Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional



E.     PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Kapita Selekta Pendidikan Islam ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti oleh setiap  mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Nilai Harian (Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan Harian)            : 20 %
2. keaktifan dan absensi                                                               : 30 %
3. Ujian Akhir Program                                                                 : 50 %
                                                                              _________________  +         
                                                                              Jumlah             : 100%

Nilai Harian (Tugas di kelas, PR) : Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program. Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.

F.     MEDIA
1.   Laptop
2.   LCD
3.   Internet

G.    REFERENSI
Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullan. 1999. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arifin, M. 2000. Kapita selekta pendidikan: umum dan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam; tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Ciputat, Logos
Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Ciputat. Logos
Dan buku-buku lain yang relevan


No comments:

Post a Comment